Senin, 01 November 2010

daftar harga pesawat tempur

Kemarin sudah sempat ngebahas salah satu pesawat tempur tercanggih saat ini, F22 Raptor. Abis nulis tuh artikel langsung kebayang pertanyaan, dilego berapa ya kira-kira tuh pesawat? Sekedar penasaran aja, bukannya ada rencana mau beli. Tapi buat sobat yang tertarik dan minat beli pesawat tempur, nih saya kasih daftar harganya dari yang murah sampai yang termahal, sekaligus profil singkatnya. Mumpung mau lebaran buruan beli, siapa tahu dapat diskon lebaran :-)

1 US$ = Rp 9.000

F/A-18 Hornet: $94 million (Rp 846 Milyar)
F/A-18 Hornet strike fighter dirancang untuk dapat target serangan darat dan udara, dan memiliki kemampuan untuk ditempatkan pada kapal induk. Pesawat ini dirancang untuk Angkatan Laut dan Korps Marinir Amerika Serikat, dan digunakan juga oleh negara-negara lain. Pesawat ini juga merupakan pesawat demonstrator untuk Blue Angels sejak 1986.

EA-18G Growler: $102 Millions (Rp 918 Milyar)
Boeing EA-18g memiliki kemampuan untuk mengganggu komunikasi dan sistem radar, sinyal, dan menyerang radar anti pesawat di darat. Versi Lama pesawat ini telah digunakan di Irak untuk menonaktifkan sinyal pemicu bom di pinggir jalan.

V-22 Osprey: $118 million (Rp 1,062 Triliun)
Jangkauan lebar, kecepatan dan fleksibilitas yang berkualitas, itu yang diinginkan oleh semua desainer pesawat. Tidak ada pengecualian dari-V 22. V-22 tidak hanya pesawat terbang atau helikopter biasa, tetapi kombinasi dari keduanya. Dua kali kecepatan helikopter, dan bisa terbang dua kali lebih tinggi dari helikopter biasa.
Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah menghasilkan sebuah helikopter rotor vertikal yang menggabungkan helikopter berkecepatan tinggi dan sayap pesawat. Dengan dua kali kecepatan helikopter, pesawat ini mampu membawa sampai 24 pasukan, atau sampai £ 20.000 (9.072 kg) kargo internal atau £ 15.000 (6.804 kg) dari kargo eksternal.


F-35 Lightning II: $122 million (Rp 1,098 Triliun)
Pesawat ini adalah pesawat tempur kursi tunggal, bermesin tunggal, yang dapat melakukan banyak fungsi, termasuk udara-ke-udara, dukungan udara dan pengeboman taktis. Pengembangan pesawat ini didanai oleh Amerika Serikat, Inggris, dan beberapa negara lain. Pesawat ini dikembangkan dan diproduksi oleh industri kedirgantaraan yang dipimpin oleh Lockheed Martin dan dua mitra utama, BAE Systems dan Northrop Grumman.


E-2D Advanced Hawkeye: $232 million (Rp 2,088 Triliun)
Sebuah langkah besar ke depan untuk pengawasan dan pengintaian, sistem radar canggih baru Advanced Hawkeye akan meningkatkan pantauan wilayah pesawat terbang hingga 300%. Seorang analis untuk think tank Lexington Institute told National Defense mengatakan pada bulan Juli, "Meskipun pengembangan pesawat berada di treknya dan dua versi tes telah diserahkan kepada Angkatan Laut, namun pemotongan anggaran dapat menyebabkan pesawat terbang ini harus masuk hanggar untuk setidaknya satu tahun lebih lama dari yang direncanakan."

VH-71 Kestrel: $241 million (Rp 2,169 Triliun)
VH-71 helikopter Kestrel adalah publikasi dari AgustaWestland AW101 (sebelumnya EH101), kini sedang dibuat untuk menggantikan Marine One, helikopter yang membawa Presiden Amerika Serikat. Cocok nih buat transportasi pak SBY.

P-8A Poseidon: $290 million (Rp 2,61 Triliun)
Upgrade dari Boeing 737 jet versi militer yang akan digunakan oleh Angkatan Laut untuk melakukan perang anti-kapal selam dan mengumpulkan data intelijen. P-8A Poseidon dapat membawa torpedo, rudal, dan senjata lainnya. P-8A diharapkan bisa melayani militer pada tahun 2013.

C17A Globemaster III: $328 million (Rp 2,952 Triliun)
C-17A Globemaster III adalah sebuah pesawat transport militer dari Amerika Serikat yang diproduksi oleh Boeing Integrated Defense Systems dan dioperasikan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat, Royal Air Force dan Royal Australia Air Force. Pesawat ini telah juga dipilih oleh Militer Kanada . NATO juga berencana untuk memesan jenis pesawat transport ini. Sobat juga minat?

F-22 Raptor: $350 million (Rp 3,15 Triliun)
F-22 Raptor adalah pesawat tempur siluman buatan Amerika Serikat. Ia awalnya di rancang sebagai pejuang superioritas udara untuk menghadapi pesawat Soviet. Pesawat ini dilengkapi untuk serangan darat, peperangan elektronik, dan sinyal intelijen.Info selengkapnya di sini

B-2 Spirit: $2.4 billion (Rp 21,6 Triliun)
Saking mahalnya nih pesawat, Kongres sampai merubah pesanan yang awalnya 132 unit jadi hanya 21 unit saja. B-2 sulit untuk dideteksi melalui inframerah, akustik, elektromagnetik, visual atau radar sinyal. Kemampuan siluman membuatnya mampu menyerang sasaran-sasaran musuh tanpa perlu khawatir berlebih akan serangan balasan. Digunakan sejak tahun 1993, B-2 telah dikerahkan ke Irak dan Afghanistan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar